Langsung ke konten utama

Unggulan

Tips Memilih Konsultan SEO

Optimasi mesin telusur sering kali mengenai modifikasi kecil pada bagian situs web Anda. Bila dilihat secara terpisah, perubahan ini mungkin tampak seperti perbaikan bertahap, tetapi saat digabungkan dengan pengoptimalan lainnya, mungkin ada dampak nyata pada pengalaman pengguna dan kinerja pada hasil penelusuran oganik situs Anda. Anda kemungkinan sudah akrab dengan kebanyakan topik pada panduan ini, karena topik tersebut merupakan bahan penting untuk semua laman web, tetapi Anda mungkin belum menggunakannya secara optimal. Dalam melakukan optimasi SEO Anda mungkin perlu menyewa jasa Konsultan SEO untuk bisnis Anda, namun apa jaminannya situs Anda akan naik peringkatnya? Berikut ini ada ebook yang disadur dari pondokjeruk.com tentang memilih Pakar SEO . Jika ebook diatas tidak muncul, silahkan kunjungi https://e.issuu.com/embed.html#31738028/55449133 Anda juga dapat menonton video tentang SEO ini di: https://youtu.be/piSvFxV_M04 . Yang perlu diperhatikan meskipun Anda s

Blogger JSON API

Blogger JSON API Ini adalah kabar :-bd baik sekali :) bagi pengguna blogger pada khususnya dan webmaster pada umumnya. Karena dengan adanya fasilitas Blogger JSON API, maka kita bisa membuat aplikasi berbasis web dengan memanfaatkan data yang menggunakan server kuat sekali milik google. Apalagi gratis, bayangkan jika kita mesti sewa server sendiri, sebulan untuk kasus jumlah traffic ayomaju.com saat tulisan ini diunggah saja akan membutuhkan biaya diatas $30 sebulan, b-( apalagi kalau lebih besar, ini berdasarkan pengalaman selama menggunakan blog self hosting yang diisi dengan aplikasi database yang rumit.

Nah dengan Blogger JSON API, kita bisa terapkan manipulasi data dari blog kita di blogspot, baik pada blog itu sendiri maupun pada situs lain dimana datanya mengambil dari blogspot. Ini akan menghemat biaya hosting. Tidak paham? Perhatikan contoh berikut:

Misalnya saja kita buat blog yang kita larang untuk diindex mesin pencari, namun kemudian kita bikin situs lain di hosting murah, cukup shared hosting, tapi data kita ambil dengan lintas server dan cross domain ke blog di blogspot kita tadi. Dan blog yang disebut terakhir inilah (di self hosting) yang diindex oleh mesin pencari. Hmmm... dijamin akan memiliki performa lebih kuat dibanding full menggunakan kekuatan server shared hosting. Apalagi kita tetap memiliki full akses pada aplikasi php pengolah datanya di shared hosting kita itu. Gak akan kalah dengan performa menggunakan dedicated server.

Selain cara diatas, juga bisa membuat sebuah aplikasi toko online menggunakan blogspot yang dilebur dengan shared hosting murah, dimana fiturnya akan menjadi sama dengan yang full di hosting.

Intinya dengan Blogger JSON API kita bisa membuat aplikasi yang luar biasa dengan biaya sangat murah bahkan tanpa biaya sekalipun. Tanpa biaya disini jika kita hanya menggunakan aplikasi berbasis javascript dari blogspot juga.

Tapi akan semakin maknyus kalau menggunakan hosting sendiri, namun tidak akan memakan banyak memori dan penggunaan CPU server, sebab aplikasi tidak perlu menggunakan database MySQL di server sewaan kita sendiri, cukup meload data ke Blogger JSON API. \:d/ Tertarik? :x

Untuk melihat informasi ini lebih lanjut bisa Anda mulai Blogger JSON API now available. Untuk melihat skema dan parameter-parameter URL silahkan telusuri dari:

developers.google.com/blogger/docs/2.0/json/getting_started

Berikut skema relationships Blogger JSON API:

relationships Blogger JSON API

Untuk melihat contoh (sample) aplikasi berbagai bahasa pemrograman lihat di:

Client libraryPublic repositoryAll client library samples
APIs Client Library for .NET (beta)google-api-dotnet-client/.NET samples
APIs Client Library for Go (alpha)google-api-go-client/Go samples
API Libraries for Google Web Toolkit (alpha)gwt-google-apis/GWT samples
APIs Client Library for Java (beta)google-api-java-client/Java samples
APIs Client Library for JavaScript (alpha)google-api-javascript-client/JavaScript samples
APIs Client Library for Objective C (alpha)google-api-objectivec-client/Objective-C samples
APIs Client Library for PHP (beta)google-api-php-client/PHP samples
APIs Client Library for Python (beta)google-api-python-client/Python samples
APIs Client Library for Ruby (alpha)google-api-ruby-client/Ruby samples

Dan bagi yang suka hack-hack dan nakal, dengan Blogger JSON API, bisa pula membuat auto blog yang luar biasa. Tapi tentu google tidak akan terima kalau digunakan untuk ini. ;)) Karena ayomaju.com sendiri dulu pernah kena banned akun gara-gara mainan data google untuk membuat spamblog. Maklum Google sudah mengibarkan bendera perang terhadap blog AGC.

Jika hanya ingin mencoba paling sederhana dan paling gratis, maka gunakan javascript saja, dan silahkan mulai dulu mendapatkan Blogger API Acces di:

code.google.com/apis/console

Silahkan buat project baru, gambarnya seperti berikut ini:

JSON API Project

Lalu coba terapkan kode berikut ini untuk percobaan.

<script src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.7.1/jquery.min.js"></script>
<script>
var apikey = "YOUR API KEY HERE";
var blogId = "ID BLOG KAMU";
jQuery(document).ready(function($) {
    $.ajax({
        url: "https://www.googleapis.com/blogger/v2/blogs/" +
            blogId + "/posts?key=" + apikey,
        dataType: "jsonp",
        success: function(data, textStatus, jqXHR) {
            var items = [];
            $.each( data.items, function ( index, value ) {
                items.push( "<h3>" + value.title + "</h3>" + value.content +
                "<p>Posted by <i><a href='" + value.author.url + "'>" +
                value.author.displayName + "</a></i></p>" );
            });
            $(items.join("")).appendTo("body");
        }
    });
});
</script>

Nah lihat bagaimana hasilnya. Perlu diketahui bahwa cara kerja script diatas itu sama dengan penggunaan ajax di ayomaju.com, hanya contoh diatas lebih sederhana saja.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kawan web programer pemula seperti admin blog ini, dan para blogger umumnya. Dan masih adakah yang meremehkan layanan gratisan ini? hanya karena sudah merasa bangga pakai blog self hosting? \m/ \m/ \m/

Komentar

Postingan Populer